Minggu, 14 Oktober 2012


 SILABUS

Nama Sekolah             : SMA .........................                                                                                               
Mata Pelajaran          : Fisika                                   
Kelas/Semester           : XII/1                                                                                                

Standar Kompetensi     : 1. Menerapkan  konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar   : 1.2 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya

Materi Pembelajaran
Pengembangan Karakter
Kegiatan Pembelajaran dan Pengembangan Karakter
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/Bahan/Alat

·   Gelombang bunyi
-  Sifat glb. Bunyi

-  Resonansi pada dawai dan pipa organa


















-  Efek Doppler







-  Pelayangan bunyi

-  Intensitas bunyi





·     Mendiskusikan karakteristik gelombang bunyi


·     Melakukan percobaan secara berkelompok untuk mempelajari peristiwa resonansi pada dawai


·     Mendiskusikan frekwensi nada atas pada dawai


·     Mendiskusikan frekwensi nada atas pada pipa organa tertutup dan terbuka

·     Melakukan percobaan secara berkelompok untuk menemukan pengaruh kolom udara pada peristiwa resonansi


·     Melakukan percobaan secara berkelompok mengenai resonansi pada pipa organa tertutup untuk menghitung cepat rambat bunyi di udara





·     Mempelajari pengaruh effek Doppler pada frekwensi bunyi dan penerapan effek doppler pada gerak bintang melalui diskusi kelompok






·     Mendiskusikan contoh pelayangan bunyi yang terjadi pada kehidupan sehari-hari

·     Mempelajari hubungan daya dan jarak sumber bunyi terhadap intensitas dan taraf intensitas bunyi melalui kegiatan diskusi kelompok





·     Menjelaskan  karakteristik gelombang bunyi

·     Menjelaskan  hubungan kualitatif antara frekwensi, panjang, luas penampang dan tegangan dawai

·     Menghitung frekwensi nada atas ke n pada dawai

·     Menghitung frekwensi nada atas ke n pada pipa organa

·     Menemukan pengaruh panjang kolom udara pada peristiwa resonansi


·     Mendeskripsikan proses resonansi pada gamelan

·     Menghitung cepat rambat gelombang bunyi di udara berdasarkan hasil percobaan


·     Menghitung frekwensi bunyi pada pendengar oleh sumber yang bergerak relatif terhadap pendengar

·     Mendeskripsikan penerapan effek doppler pada pergerakan bintang

·     Menghitung frekwensi layangan bunyi

·     Menghitung intensitas bunyi pada suatu tempat yang berjarak r dari suatu sumber bunyi

·     Memformulasikan hubungan intensitas dan taraf intensitas bunyi


·     Tes tertulis


·     Tes unjuk kerja, tes tertulis


·     Tes tertulis


·     Tes tertulis


·     Tes unjuk kerja, laporan pratikum

·     Penugasan


·     Tes unjuk kerja, laporan pratikum

·     Tes tertulis




·     Penugasan



·     Tes tertulis


·     Tes tertulis




·     Tes Tertulis




10 jam

Sumber:
Buku Fisika XII Supiyanto,
Fisika Giancoli

Bahan:
bahan presentasi, panduan pratikum

Alat:
Frekwensi generator, pembangkit getar, dawai/gitar, power supply, mistar, media presentasi.

·   Gelombang cahaya

-  Sifat glb. Cahaya


-  Pemantulan dan pembiasan cahaya







-  Dispersi




-  Interferensi
















-  Difraksi




















-  Polarisasi




·     Melakukan percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki proses pembiasan cahaya pada prisma.




·     Melakukan percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki proses penguraian spektrum cahaya oleh  prisma.





·     Mendiskusikan penerapan dari dispersi pada prisma






·     Melakukan percobaan secara berkelompok untuk menunjukkan peristiwa interferensi


·     Mendiskusikan perbedaan interferensi young dan fresnel

·     Menurunkan persamaan untuk menentukan jarak pita terang dan pita gelap ke-n pada interferensi

·     Mencari & mendiskusikan literatur tentang proses interferensi yang terjadi pada lapisan tipis sabun dan minyak



·     Melakukan percobaan secara berkelompok untuk menunjukkan peristiwa difraksi pada celah tunggal dan kisi


·     Mendiskusikan penurunan persamaan jarak terang dan gelap ke n pada peristiwa difraksi celah tunggal dan kisi


·     Melakukan percobaan secara berkelompok  untuk menghitung panjang gelombang spektrum cahaya.


·     Mendiskusikan penerapan konsep difraksi pada daya urai lensa



·     Mendiskusikan peristiwa polarisasi cahaya






·     Mendiskusikan penerapan konsep polarisasi cahaya pada lensa polaroid



·     Menggambarkan pembiasan cahaya pada prisma.

·     Mengukur sudut deviasi dan sudut deviasi minimum pada prisma.

·     Menghitung sudut deviasi dan sudut deviasi minimum pada prisma.

·     Menjelaskan proses dispersi pada cahaya polikromatik yang dilewatkan pada suatu prisma

·     Menghitung sudut dispersi pada prisma.

·     Mendeskripsikan secara kualitatif proses terbentuknya pelangi


·     Mendeskripsikan secara kualitatif terjadinya peristiwa interferensi cahaya

·     Membedakan interferensi celah ganda oleh Young dan Fresnel

·     Menghitung jarak pita terang dan pita gelap ke n pada peristiwa interferensi

·     Mendeskripsikan secara kualitatif terjadinya peristiwa interferensi pada lapisan tipis sabun dan minyak


·     Mendeskripsikan secara kualitatif terjadinya peristiwa difraksi pada celah tunggal dan kisi

·     Menghitung jarak pita terang dan pita gelap ke n pada peristiwa difraksi celah tungal dan kisi

·     Menghitung panjang gelombang cahaya berdasarkan hasil percobaan difraksi pada kisi.

·     Menghitung daya urai suatu suatu lensa



·     Menjelaskan secara kualitatif proses terjadinya polarisasi cahaya melalui peristiwa pemantulan, pembiasan, bias kembar, absorbsi selektif, dan hamburan.

·     Menjelaskan penerapan konsep polarisasi cahaya pada lensa polaroid dan film 3 dimensi


·     Tes tertulis


·     Penilaian unjuk kerja


·     Tes tertulis



·     Tes tertulis



·     Tes tertulis


·     Penugasan




·     Tes tertulis



·     Tes tertulis


·     Tes tertulis



·     Tes tertulis





·     Tes tertulis dan kinerja



·     Tes tertulis




·     Tes tertulis




·     Tes tertulis




·     Tes tertulis







·     Tes tertulis



8 Jam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar