SILABUS
Nama Sekolah : SMA .........................
Mata
Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : XII/1
Standar Kompetensi : 1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam
menyelesaikan masalah
Kompetensi Dasar :
1.2
Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya
Materi Pembelajaran
|
Pengembangan Karakter
|
Kegiatan Pembelajaran dan
Pengembangan Karakter
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/Bahan/Alat
|
·
Gelombang
bunyi
- Sifat glb. Bunyi
- Resonansi pada dawai dan pipa organa
- Efek Doppler
- Pelayangan bunyi
- Intensitas bunyi
|
|
·
Mendiskusikan
karakteristik gelombang bunyi
·
Melakukan
percobaan secara berkelompok untuk mempelajari peristiwa resonansi pada dawai
·
Mendiskusikan
frekwensi nada atas pada dawai
·
Mendiskusikan
frekwensi nada atas pada pipa organa tertutup dan terbuka
·
Melakukan
percobaan secara berkelompok untuk menemukan pengaruh kolom udara pada
peristiwa resonansi
·
Melakukan
percobaan secara berkelompok mengenai resonansi pada pipa organa tertutup
untuk menghitung cepat rambat bunyi di udara
·
Mempelajari
pengaruh effek Doppler pada frekwensi bunyi dan penerapan effek doppler pada
gerak bintang melalui diskusi kelompok
·
Mendiskusikan
contoh pelayangan bunyi yang terjadi pada kehidupan sehari-hari
·
Mempelajari
hubungan daya dan jarak sumber bunyi terhadap intensitas dan taraf intensitas
bunyi melalui kegiatan diskusi kelompok
|
·
Menjelaskan karakteristik gelombang bunyi
·
Menjelaskan
hubungan kualitatif antara frekwensi,
panjang, luas penampang dan tegangan dawai
·
Menghitung
frekwensi nada atas ke n pada dawai
·
Menghitung
frekwensi nada atas ke n pada pipa
organa
·
Menemukan
pengaruh panjang kolom udara pada peristiwa
resonansi
·
Mendeskripsikan
proses resonansi pada gamelan
·
Menghitung
cepat rambat gelombang bunyi di udara berdasarkan hasil percobaan
·
Menghitung
frekwensi bunyi pada pendengar oleh sumber yang bergerak relatif terhadap
pendengar
·
Mendeskripsikan
penerapan effek doppler pada pergerakan bintang
·
Menghitung
frekwensi layangan bunyi
·
Menghitung
intensitas bunyi pada suatu tempat yang berjarak r dari suatu sumber bunyi
·
Memformulasikan
hubungan intensitas dan taraf intensitas bunyi
|
·
Tes
tertulis
·
Tes
unjuk kerja, tes tertulis
·
Tes
tertulis
·
Tes
tertulis
·
Tes
unjuk kerja, laporan
pratikum
·
Penugasan
·
Tes
unjuk kerja, laporan
pratikum
·
Tes
tertulis
·
Penugasan
·
Tes
tertulis
·
Tes
tertulis
·
Tes
Tertulis
|
10 jam
|
Sumber:
Buku Fisika XII
Supiyanto,
Fisika Giancoli
Bahan:
bahan presentasi, panduan pratikum
Alat:
Frekwensi generator, pembangkit getar, dawai/gitar, power supply, mistar,
media
presentasi.
|
·
Gelombang
cahaya
- Sifat glb. Cahaya
- Pemantulan dan pembiasan cahaya
- Dispersi
- Interferensi
- Difraksi
- Polarisasi
|
|
·
Melakukan
percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki proses pembiasan cahaya pada
prisma.
·
Melakukan
percobaan secara berkelompok untuk menyelidiki proses penguraian spektrum cahaya
oleh prisma.
·
Mendiskusikan
penerapan dari dispersi pada prisma
·
Melakukan
percobaan secara berkelompok untuk menunjukkan peristiwa interferensi
·
Mendiskusikan
perbedaan interferensi young dan fresnel
·
Menurunkan
persamaan untuk menentukan jarak pita terang dan pita gelap ke-n pada
interferensi
·
Mencari
& mendiskusikan literatur tentang proses interferensi yang terjadi pada
lapisan tipis sabun dan minyak
·
Melakukan
percobaan secara berkelompok untuk menunjukkan peristiwa difraksi pada celah
tunggal dan kisi
·
Mendiskusikan
penurunan persamaan jarak terang dan gelap ke n pada peristiwa difraksi celah tunggal dan kisi
·
Melakukan
percobaan secara berkelompok untuk
menghitung panjang gelombang spektrum cahaya.
·
Mendiskusikan
penerapan konsep difraksi pada daya urai lensa
·
Mendiskusikan
peristiwa polarisasi cahaya
·
Mendiskusikan
penerapan konsep polarisasi cahaya pada lensa polaroid
|
·
Menggambarkan
pembiasan cahaya pada prisma.
·
Mengukur
sudut deviasi dan sudut deviasi minimum pada prisma.
·
Menghitung
sudut deviasi dan sudut deviasi minimum pada prisma.
·
Menjelaskan
proses dispersi pada cahaya polikromatik yang dilewatkan pada suatu prisma
·
Menghitung
sudut dispersi pada prisma.
·
Mendeskripsikan
secara kualitatif proses terbentuknya pelangi
·
Mendeskripsikan
secara kualitatif terjadinya peristiwa interferensi cahaya
·
Membedakan
interferensi celah ganda oleh Young dan Fresnel
·
Menghitung
jarak pita terang dan pita gelap ke n
pada peristiwa interferensi
·
Mendeskripsikan
secara kualitatif terjadinya peristiwa interferensi pada lapisan tipis sabun
dan minyak
·
Mendeskripsikan
secara kualitatif terjadinya peristiwa difraksi pada celah tunggal dan kisi
·
Menghitung
jarak pita terang dan pita gelap ke n
pada peristiwa difraksi celah tungal dan kisi
·
Menghitung
panjang gelombang cahaya berdasarkan hasil percobaan difraksi pada kisi.
·
Menghitung daya urai suatu suatu lensa
·
Menjelaskan secara kualitatif proses terjadinya polarisasi cahaya melalui peristiwa pemantulan, pembiasan, bias kembar, absorbsi selektif, dan hamburan.
·
Menjelaskan penerapan konsep polarisasi cahaya
pada lensa polaroid dan film 3
dimensi
|
·
Tes
tertulis
·
Penilaian
unjuk kerja
·
Tes
tertulis
·
Tes
tertulis
·
Tes
tertulis
·
Penugasan
·
Tes
tertulis
·
Tes
tertulis
·
Tes
tertulis
·
Tes
tertulis
·
Tes
tertulis dan kinerja
·
Tes
tertulis
·
Tes
tertulis
·
Tes
tertulis
·
Tes
tertulis
·
Tes
tertulis
|
8 Jam
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar