RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                         : SMA N 1
GIANYAR
Matapelajaran
               : Fisika
Kelas/Semester              : X/1
Materi Pokok                 :Prinsip Penjumlahan Vektor Sebidang
Alokasi
Waktu                : 6 JP
A     Kompetensi inti
B    
Kompetensi
dasar dan 
Indikator pencapaian
kompetensi
KOMPETENSI
   DASAR 
 | 
   
INDIKATOR
   PENCAPAIAN KOMPETENSI 
 | 
  
3.3 Menerapkan prinsip penjumlahan vektor
  sebidang (misalnya perpindahan)  
 | 
  
3.3.1  
  Mendiskripsikan
  besaran vektor 
3.3.2  
  Mengidentifikasi
  besaran vektor 
3.3.3  
  Melukiskan
  penjumlahan dua vektor dengan metode polygon 
3.3.4  
  Melukiskan
  penjumlahan dua vektor dengan metode jajaran genjang 
3.3.5  
  Menentukan
  penjumlahan dua vektor dengan metode analitis 
3.3.6  
  Menerapkan
  prinsip penjumlahan vektor pada perpindahan 
 | 
 
4.3 Merancang percobaan untuk menentukan
  resultan vektor sebidang (misalnya perpindahan) beserta presentasi hasil dan
  makna fisisnya  
 | 
  
4.3.1 Menentukan alat percobaan 
4.3.2   Mendesain
  langkah percobaan 
4.3.3 Melakukan percobaan 
4.3.4 
  Mengolah hasil percobaan 
4.3.5 Menyajikan laporan percobaan 
 | 
 
C       
Tujuan
pembelajaran
Melalui
model pembelajaran berbasis masalah ( problem
base learning), peserta didik terampil melukiskan, merancang percobaan dan
mendemonstrasikan percobaan menentukan resultan vektor untuk menerapkan prinsip
penjumlahan vektor sebidang, serta mengembangkan nilai karakter berpikir kritis
, kreatif (kemandirian), kerjasama (gotong royong) dan kejujuran (integritas).
D    
Materi
pembelajaran
1      Fakta                  : perahu yang menyeberangi
sungai dengan arus sedang sampai deras;penerjun payung yang menerjunkan dirinya
dari pesawat 
2      Konsep               : besaran vektor,prinsip
penjumlahan vektor;
3      Prosedur             : melukis resultan vektor,
mendemonstrasikan dalam menentukan resultan vektor.
E     
Metode
pembelajaran
1      Pendekatan
         : ilmiah (sciencetific)
2      Model                  : Pembelajaran berbasis
masalah ( problem based learning),
dengan sintaks orientasi peserta didik, mengorganisasi peserta didik,membimbing
penyelidikan,mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisa dan
mengevaluasi proses penyelesaian masalah.
3      Metode                : demonstrasi dan eksperimen
F     
Media
dan Alat pembelajaran
1      Media                  : 
a      Audio-video
yang mengambarkan tentang 
perahu yang tengah
menyeberangi sungai atau
pesawat terbang yang tinggal landas dan mendarat. 
b      PPT
materi pembelajaran (tentang vektor )
c      Lembar
kerja (lampiran 1)
2      Alat
pembelajaran : LCD, Lap top, papan tulis dan perangkatnya
G    
Sumber
pembelajaran
1     
Marthen Kanginan, Fisika SMA/MA kelas
X,Erlangga, Jakarta,2016
2     
Joko Sumarsono,Fisika untuk SMA/MA kelas X,
Puskurbuk Depdiknas, Jakarta,2009
3     
David Haliday, Fondamental of
Physics,Wiley,2013
H    
Langkah
pembelajaran
Kegiatan
   / sintak 
 | 
   
Deskripsi 
 | 
   
Nilai Karakter yang
   dikembangkan 
 | 
   
Alks Wkt 
 | 
  
PERTEMUAN
  PERTAMA 
 | 
 |||
Pendahuluan 
 | 
  
1      Guru
  memberi salam, mengecek kehadiran peserta didik dan meminta ketua kelas untuk
  memimpin doa dan berdoa bersama. 
2      Peserta
  didikberdoa bersama lalu mengecek kebersihan kelas,
  minimal di sekitar
  tempat duduknya tidak ada sampah atau benda yang tidak berhubungan dengan
  pelajaran saat itu. 
3      Untuk memulai pembelajaran, dengan bimbingan guru peserta
  didik mengucapkan yel yel  
“
  Fi=fisik” “si =siap” “ka = karya” 
“Fisika
  = penuh tantangan” 
“Fisika
  = menyenangkan” 
“Fisika
  = aku suka....yes!!!” 
4      Guru
  mendemonstrasikan gerakan tabrakan dengan peserta didik yang berjalan dengan
  membentuk sudut 
5      Peserta
  didik memberikan
  pendapat tentang demonstrasi yang ditunjukkan guru 
6      Guru
  membagi peserta didik dalam kelompok melalui ice breaking  
a      Dalam
  10 detik sudah masuk dalam kelompok 8 (satu kelompok 8 orang ) 
b      Dalam
  10 detik sudah masuk dalam kelompok 6. 
c      Dalam
  10 detik sudah masuk dalam kelompok 4 
(kelompok
  ini yang dijadikan sebagai kelompok kerja peserta didik) 
7      Guru
  bertanya kepada peserta didik apa yang dirasakan saat mencari anggota
  kelompok dan bila ada yang tidak kebagian kelompok(anggotanya tidak sesuai
  jumlahnya) 
 | 
  
Religiositas
  (kegiatan berdoa) 
Gotongroyong  
Kemandirian 
(berpikir
  kritis, keratif) 
 | 
  
15” 
 | 
 
Kegiatan inti 
1.     Orientasi
  peserta didik 
 | 
  
8      Guru
  menyampaikan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian yang
  akan dilakukan, dilanjutkan
  dengan menayangkan video. 
9      Peserta didik mengamati tayangan video
  tentang “gerak perahu menyeberangi sungai dan terjun payung”. 
Setelah
  mengamati tayangan video, peserta didik berpikir
  kritisuntuk menanggapi
  dan mengindentifikasi tayangan
  video dan disinkronkan dengan konsep besaran vektor 
 | 
  
Kemandirian 
 | 
  
20’ 
 | 
 
2.     Mengorganisasikan
  peserta didik 
 | 
  
10    Guru membagi peserta didik dalam kelompok dan
  membagikan lembar kerja (LK) 
11    Peserta didik bekerja sama dan berbagi tugas dalam
  kelompok  supaya dapat menjawab
  pertanyaan dengan cepat dan tepat 
 | 
  
Gotongroyong 
 | 
  
45’ 
 | 
 
3.     Membimbing
  penyelidikan dalam kelompok 
 | 
  
12    Guru
  mengarahkan peserta didik melakukan kajian dari informasi terkait dengan
  teori atau konsep vektor 
13    Peserta
  didik  berpikir kritisuntuk mengidentifikasi
  informasi yang dapat dijadikan bahan untuk menyelesaikan masalah 
14    Guru
  memberi arahan cara melukiskan vektor, menentukan komponen vektor dan
  menentukan resultan vektor 
15   
  Secara kreatif
  peserta
  didik melukiskan resultan vektor dengan beberapa metode (segitiga,jajaran
  genjang,polygon, analitis) 
 | 
  
Kemandirian 
Kemandirian 
 | 
  
45’ 
 | 
 
Kegiatan Penutup 
 | 
  
16    Guru
  melakukan penilaian dengan meminta peserta didik untuk melukiskan resultan
  vektor , melukiskan komponen vektor dan menentukan nilai resultan vektor 
17    Melalui bimbingan guru, peserta didik
  melakukan refleksi dan menjabarkan penerapan sifat vektor dikaitkan dengan
  kehidupan sehari hari, yaitu harus selalu jujur dan lurus dalam berpikir dan bertindak sesuai sifat vektor
  yang selalu bekerja sepanjang garis kerja 
18    Guru
  memberi tugas kepada peserta didik untuk 
  bersikap dan berperilaku sesuai sifat vektor  ( berpikir
  lurus dan mengikuti aturan dalam
  keluarga ) 
19    Peserta
  didik menuliskan pengalaman yang berkaitan dengan konsep vektor( misalnya
  menempuh perjalanan dengan jarak yang lebih pendek) 
20    Guru
  mengakhiri proses pembelajaran dengan mengucapkan hamdalah 
 | 
  
Integritas 
 | 
  
45’ 
 | 
 
PERTEMUAN
  KEDUA 
 | 
 |||
Pendahuluan 
 | 
  
1      Guru
  memberi salam, mengecek kehadiran peserta didik dan meminta ketua kelas untuk
  memimpin doa dan berdoa bersama. 
2      Peserta didik berdoa dan dilanjutkan denganmengecekkebersihan kelas,
  minimal sekitar tempat duduknya tidak ada sampah atau benda yang tidak
  berhubungan dengan pelajaran saat itu. 
3      Untuk memulai pembelajaran,dengan bimbingan guru peserta
  didik mengucapkan yel yel  
“
  Fi=fisik” “si =siap” “ka = karya” 
“Fisika
  = penuh tantangan” 
“Fisika
  = menyenangkan” 
“Fisika
  = aku suka....yes!!!” 
4      Guru
  mengajukan pertanyaan apersepsi terkait pemahaman
  resultan dua vector: 
Kegiatan
  pramuka adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diadakandi SMA
  Fatmawati. Pada hari Sabtu, ada satu grup pramuka sedang belajarbaris
  berbaris di lapangan sekolah. Sebuah perintah dari pimpinan pasukan:“Maju 4
  langkah, jalan!”, lalu “Samping kanan 3 langkah, jalan!”, kemudian“kebelakang
  2 langkah, jalan!”,Berdasarkan perintah dari pimpinan regu, jawablah
  permasalahan berikut: 
a.  
  Dapakah kamu membuat sketsa gerakan dari perintah
  pimpinan regutersebut? Lukiskan lintasan dari regu pramuka tersebut. dalam
  kertasberpetak. 
b.  
  Tentukan komponen vektor dari masing masing gerakan. 
c.  
  Lakukan penjumlahan dari setiap komponen vector 
5      Peserta didik 
  berfikir kritis untuk
  menjawab pertanyaan yang diajukan guru. 
6      Secara kreatif
  peserta didik menyampaikan hal hal yang sudah dilakukan
  terkait dengan sifat vektor 
7      Guru
  menyampaikan tujuan dan kegiatan yang harus dilakukan 
 | 
  
Religiositas
  (kegiatan berdoa) 
Gotongroyong  
Kemandirian 
 | 
  
15’ 
 | 
 
Kegiatan inti 
4.     Mengembangkan
  dan menyajikan hasil karya 
 | 
  
8      Peserta
  didik merencanakan percobaan terkait dengan menentukan resultan vektor, secara teliti. 
9      Guru
  membantu memberikan alternatif alat alat yang akan digunakan dan cara
  melakukan percobaan  
10    Peserta
  didik menyusun rancangan percobaan menentukan resultan vektor 
11    Peserta
  didik bekerjasama dalam kelompok
  untuk melakukan  percobaan menentukan
  resultan vektor sesuai rancangan  
12    Peserta
  didik mengumpulkan data hasil percobaan secara jujur 
13    Peserta
  didik menyusun laporan berdasarkan data hasil percobaan 
 | 
  
Kemandirian 
Gotongroyong 
Integritas 
 | 
  
45’ 
 | 
 
5.     Menganalisis
  dan mengevaluasi proses pemecahan masalah 
 | 
  
14    Peserta didik berfikir kritis untuk melakukan evaluasi terhadap penyelidikan tentang
  penerapan prinsip penjumlahan vektor 
15    Peserta didik melakukan
  refleksi terhadap manfaat yang dapat diambil dari penjumlahan vektor  
16    Peserta
  didik mengembangkan penerapan prinsip penjumlahan vektor dalam kehidupan
  misalnya  pada sistem posisi global (
  Global Positioning system=GPS) dll) 
17    Peserta
  didik bekerja sama dalam kelompok
  mengembangkan kreativitas untuk
  mempresentasikan  penerapan prinsip
  penjumlahan vektor sebidang. 
 | 
  
Kemandirian 
Gotongroyong  
Kemandirian 
 | 
  
45’ 
 | 
 
Penilaian
  Hasil belajar 
 | 
  
18    Guru membagikan instrumen penilaian hasil belajar dan meminta peserta didik untuk mengerjakan soal 
19    Peserta didik mengerjakan soal dengan jujur 
 | 
  
Integritas 
 | 
  
45’ 
 | 
 
Penutup 
 | 
  
20    Guru menyampaikan jawaban dari soal dalam instrumen 
21    Peserta didik mensinkronkan jawabannya dengan informasi
  guru 
22    Peserta didik menyampaikan dengan jujur nilai hasil belajar yang diperoleh 
23    Guru memberi kesempatan untuk mengikuti remidial bagi
  peserta didik yang belum tuntas dan yang belum mendapatkan nilai sempurna 
24    Guru menutup pembelajaran dengan memberi penekanan untuk
  selalu menerapkan sifat vektor dalam kehidupan dan mengucapkan hamdalah 
 | 
  
Integritas 
 | 
  
30’ 
 | 
 
I     
PENILAIAN
1      Rancangan
penilaian
d.     Penilaian
Pengetahuan
No IPK 
 | 
  
Tehnik penilaian  
 | 
  
Keterangan  
 | 
 
3.3.1
  dan 3.3.2 
 | 
  
Lisan 
 | 
  
Penialai Proses pembelajaran 
 | 
 
3.3.3
   
3.3.4 
3.3.5 
 | 
  
Tertulis 
 | 
  
Hasil
  belajar 
·        
  Harian 
 | 
 
3.3.6 
 | 
  
Tertulis 
 | 
  
Hasil
  belajar 
·        
  Harian 
·        
  Akhir semester 
 | 
 
e.     Penilaian
ketrampilan : 
-       Kinerja (Praktik menentukan resultan
vektor)
-       Porto
folio (rancangan percobaan, hasil percobaan, penyajian laporan hasil percobaan)
f.      Penilaian
sikap : Observasi tentang nilai nilai karakter yang terbangun dan tertanam
dalam diri peserta didik dan dituangkan dalam jurnal .
2      Instrumen
penilaian
a      Pengetahuan         : soal pilihan ganda dan uraian
(lampiran 2)
b      Ketrampilan          : rubrik penilaian kinerja dan portofolio (lampiran
3 dan 4)
c      Sikap                   :Jurnal pengamatan sikap (
lampiran 5)
Mengetahui,                                                                   Gianyar,
...........................
Kepala
Sekolah,                                                             Guru Pengajar,
                        ……………………                                                              ……………………………
NIP.
……………….                                                           NIP.
…………………….
Lampiran 1
Lembar
Aktivitas Peserta didik
A.    Mengamati
Video
1.     Perahu
menyeberangi sungai
a.     Arah
gerak perahu......................................hal itu disebabkan oleh
...........................
Arah
gerakan perahu merupakan arah vektor, dan jauh jarak yang ditempuh oleh perahu
merupakan besar /nilai vektor.
b.     Penerjun
tidak jatuh tepat dibawah pesawat karena ...............................
Arah
gerakan penerjun payung merupakan arah vektor, dan jauh jarak yang ditempuh
penerjun setelah turun dari pesawat merupakan besar/nilai vektor
c.     Dari
pernyataan (a) dan (b) dapat didefinisikan tentang besaran vektor
| 
     
Vektor merupakan besar
    Fisika yang ditentukan oleh nilai/besar dan arah 
Vektor
    dilambangkan dengan anak panah, yang mempunyai bagian-bagian 
 | 
   
| 
     
Nilai/besar 
 | 
   
| 
     
arah 
 | 
   
| 
     
titik
    tangkap 
 | 
   
d.     Posisi
pesawat saat tinggal landas dan mendarat dilandasan dapat digambarkan sebagai
berikut
| 
     
Arah jalan 
    pesawat 
 | 
   
| 
     
gerakan pesawat saat lepas landas 
 | 
   
| 
     
Arah gerakan naik  pesawat 
 | 
   
Gerakan pesawat  saat lepas landas merupakan vektor resultan.
Dengan demikian resultan vektor merupakan perpaduan beberapa vektor.
Lakukan hal yang sama saat
pesawat mendarat di landasan!
e.     Melukis
resultan vektor
1)    Metode
segitiga
·        
Gambarkan  1 vektor yang hendak dipadukan
·        
Lukiskan vektor lainnya
dengan meletakan titik tangkapnya di vektor pertama
·        
Tarik garis dari titik tangkap
vektor pertama sampai pada arah vektor kedua (lainnya), ini merupakan  resultan ventor
·        
Lukiskan beberapa
alternatif resultan dari perpaduan beberapa vektor berikut
| 
     
B 
 | 
   
| 
     
C 
 | 
   
| 
     
A 
 | 
   
2)    Metode
jajaran genjang
·        
Lukis 1 vektor yang hendak
dipadukan
·        
Lukiskan vektor kedua
dengan meletakan titik tangkapnya di titik tangkap vektor pertama
·        
Buat garis hubung yang
sejajar dengan kedua vektor
·        
Tarik garis diagonal dari
titik tangkap kedua vektor sampai dengan pertemuan perpaduan garis dari kedua
vektor, ini merupakan resultan vektor
·        
Lukiskan beberapa
alternatif resultan vektor dari vektor vektor pada no 1)
3)    Metode
analisis vektor
·        
Lukis vektor yang hendak
diuraikan
·        
Lukis sumbu simetri dengan
titik potongnya berada pada titik tangkap vektor  ( sumbu vertikal dan sumbu horizontal)
·        
Tarik tegak lurus dari arah
vektor ke masing masing sumbu.
·        
Lukis dari titik potong
sumbu sampai dengan pertemuan garis tegak lurus pada sumbu. Hal itu merupakan
komponen vektor pada masing masing sumbu simetri. 
·        
Gunakan aturan trigonometri
(Sin, Cos, Tg) untuk menentukan nilai dari masing masing komponen vektor.
f.      Menentukan
nilai resultan vektor menggunakan formula berikut
g.     Selesaikan
permasalahan tentang vektor yang ada dalam buku referensi kalian.
Lampiran 2
Kisi
kisi soal penilaian hasil belajar
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 
 | 
  
MATERI PEMBELAJARAN 
 | 
  
INDIKATOR SOAL 
 | 
  
BENTUK SOAL 
 | 
  
CONTOH SOAL 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3.6
  Menerapkan prinsip penjumlahan vektor perpindahan 
 | 
  
Penjumlahan
  vektor perpindahan 
 | 
  
1     
  Disajikan cerita perjalanan seseorang yang
  mengalami beberapa kali perubahan arah. Peserta didik dapat menghitung jauh
  perpindahan yang dialami orang tersebut 
 | 
  
Pilihan
  ganda 
 | 
  
Seorang
  anggota Pramuka melakukan perjalanan dalam kegiatan mencari jejak.  Perjalanan yang ditempuhnya 500 m ke Utara,
  kemudian berbelok 400 m ke Barat dan 200 ke Selatan. Jauh perpindahan yang
  dilakukannya adalah... . 
A.    
  200 m 
B.    
  300 m 
C.    
  400 m 
D.   
  500 m 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2     
  Disajikan gambar vektor dalam kertas
  kotak. Peserta didik dapat menghitung nilai resultan vektor 
 | 
  
Pilihan
  ganda 
 | 
  
Perhatikan
  gambar berikut. 
Resultan
  dari ketiga vektor (A+B+C) adalah.... 
(1
  kotak = 1 satuan) 
A.    
  3 satuan 
B.    
  5 satuan 
C.    
  7 satuan  
D.   
  14 satuan 
 | 
 ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3     
  Disajikan grafik tentang beberapa vektor
  daam bidang. Peserta didikdapat menghitung komponen vektor dalam sumbu
  simetri 
 | 
  
Uraian 
 | 
  
                                           
  60 
                      30 
Hitung
  nilai resultan dari kedua vektor tesebut 
 | 
 
Lampiran 3
Penilaian Kinerja / Praktik 
No 
 | 
  
Nama Siswa 
 | 
  
Merangkai alat 
 | 
  
Membaca Hasil Pengukuran 
 | 
  
Analisa/ Pengolahan Data 
 | 
  
Penulisan Laporan 
 | 
  
Presentasi Laporan 
 | 
  
Jumlah Skor 
 | 
 |||||||||||||||
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  
1 
 | 
  
2 
 | 
  
3 
 | 
  
4 
 | 
  |||
1. 
2. 
3 
 | 
  ||||||||||||||||||||||
1
= Kurang                    
2
= cukup
3
= Baik/Tepat
4
= Sangat Baik/Sangat Tepat
Nilai = 
 
  
Krietria Nilai : 56 -70
Cukup; 71 -85 Baik; 86 -100 Sangat
Baik
Lampiran 4
Rubrik
penilaian porto folio
1.     Merencanakan
percobaan
a      latar
belakang,
b       tujuan, 
c      hasil
yang diharapkan, 
d      alat
yang dibutuhkan
e      cara
kerja, 
f       tabel
pengamatan
2.     Melaksanakan
percobaan 
a      Variabel
b      data
hasil percobaan
3.     Menyusun
laporan
a      Menyusun
hipotesa
b      Mengolah
data
c      Kesimpulan
dan rekomendasi
Penilaian
Skor
2 untuk kondisi lengkap semua komponen
Skor
1 untuk kondisi komponen ada dan tidak lengkap
Skor
0 untuk kondisi komponen tidak ada
Lampiran 5
Jurnal
pengamatan proses pembelajaran
No 
 | 
  
Hari/Tanggal 
 | 
  
Nama Peserta Didik 
 | 
  
Uraian kegiatan 
 | 
  
Solusi/Tindak lanjut 
 | 
 
1. 
 | 
  ||||
2. 
 | 
  ||||
3. 
 | 
  ||||
4. 
 | 
  ||||
dst 
 | 
  
Tidak ada komentar:
Posting Komentar